Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Fungsi air handling unit (AHU) sebagai pendingin ruangan memang tidak bisa disepelekan Sistem tata udara ini sangat berperan dalam menyalurkan udara bersih dan sejuk ke dalam sebuah ruangan.
Prinsip kerja AHU sebetulnya tidak berbeda jauh dengan AC, hanya saja sistem AHU memiliki cakupan yang jauh lebih luas sehingga banyak digunakan di gedung atau bangunan dengan ukuran yang besar. Selain sebagai pendingin ruangan, sistem AHU memiliki beberapa fungsi penting lainnya.

Komponen AHU

Sebelum memahami apa saja fungsi AHU, Anda perlu mengetahui komponen-komponen yang ada pada sistem AHU yaitu:

1. Evaporator atau Cooling Coil
Evaporator pada AHU berperan dalam mengontrol suhu dan kelembaban udara yang ada di ruangan sehingga sesuai dengan kebutuhan.
2. Blower
Fan yang digunakan pada sistem Air Handling Unit adalah blower statis sehingga memiliki tekanan yang tetap. Fungsinya menggerakkan udara di sepanjang proses distribusi udara. Blower ini memiliki kisi-kisi penggerak yang terhubung dengan mesin atau motor penggerak yang membuat udara dapat dengan mudah bergerak ke setiap ruangan. Udara yang keluar dari blower ini mempunyai debit yang selalu sama.
3. Filter
Filter berfungsi sebagai penyaring yang mengatur jumlah partikel udara yang terkandung di dalam udara yang akan disalurkan ke setiap ruangan. Filter bisa memastikan udara yang keluar dalam kondisi yang bersih dan bebas dari zat-zat berbahaya.
4. Ducting
Ducting adalah pipa udara yang berfungsi sebagai media penghubung antara blower dan ruangan tempat udara akan dihembuskan
5. Dumper
Dumper merupakan bagian dan ducting yang berperan dalam mengatur debit udara yang dikeluarkan ke setiap ruangan

Fungsi AHU

AHU biasanya digunakan di pabrik, hotel, gedung perkantoran, dan industri farmasi sehingga fungsi air handling unit ini sangat beragam tergantung tempat dan tujuan penggunaannya. Berikut beberapa fungsi AHU yang perlu Anda ketahui:

  1. Sebagai supply udara ke berbagai macam ruang hotel seperti lobby, ballroom hingga ruang rapat.
  2. Melindungi seluruh alat yang digunakan untuk kegiatan produksi di pabrik karena suhu yang terlalu tinggi akan sangat mengganggu aktivitas produksi dan juga produk yang dihasilkan
  3. Untuk industri farmasi, sistem AHU berfungsi untuk memastikan kualitas produk obat selalu terjaga dengan baik sehingga sesuai dengan syarat dan aturan yang telah ditentukan.
  4. Melindungi dari partikel-partikel berbahaya yang mungkin muncul di lingkungan kerja melalui sistem pembuangan udara AHU.
  5. Dapat menciptakan suasana yang nyaman untuk karyawan atau personel yang sedang bekerja karena sirkulasi udara dapat terkendali dengan baik.

Itulah fungsi air handling unit beserta komponen yang ada di dalamnya. Apabila Anda membutuhkan jasa maintenance AHU, Anda bisa menggunakan jasa service AHU terpercaya milik kami. Kami bekerja secara profesional, bertanggung jawab, dengan harga yang terjangkau.

× Ada yang bisa kami bantu ?