Office +62 21 278 48 119 Marketing : +62 819 2889 2828 sales@revanindo.com

Commercial HVAC control systems adalah sistem tata udara yang mempunyai tiga fungsi utama dengan masing-masing saluran yang terpisah. Fungsi itu diantaranya yaitu pemanasan, ventilasi udara, dan pendinginan. Sistem HVAC ini secara umum digunakan untuk smart building control system pada bangunan industri.

Bangunan komersil ini memerlukan sistem tata kelola udara yang baik. Hal itu bertujuan untuk menunjang pelayanan yang optimal dan juga kenyamanan untuk pengguna bangunan. Dimana bangunan dengan gedung bertingkat sangat bergantung pada Commercial HVAC control systems, sebagai pengendalian kenyamanan udara, baik itu untuk manusia yang melakukan kegiatan di tempat tersebut atau untuk mesin-mesin yang sedang beroperasi.

Fungsi Sistem HVAC

Setiap sistem yang diciptakan pastinya mempunyai tujuan dan juga fungsinya masing-masing. Tujuan dari adanya Commercial HVAC control systems ini yaitu untuk menciptakan lingkungan yang nyaman untuk orang-orang yang berada di dalam gedung yang menggunakan sistem HVAC. Selain itu, sistem ini juga berfungsi untuk mengontrol udara yang ada di dalam ruangan supaya selalu dalam kondisi yang segar.

Sementara itu, fungsi dari Commercial HVAC control systems  ada dua, antara lain:

  1. Kenyamanan untuk para penghuni dan juga mesin yang ada di dalam bangunan. Dilakukan kontrol udara secara berkala di ruangan supaya tercipta kenyamanan untuk orang-orang yang beraktivitas di bangunan tersebut. Beberapa contoh bangunan yang menggunakan Commercial HVAC control systems adalah bangunan perkantoran, hotel, rumah sakit, dan lain sebagainya.
  2. Tata udara pada industri hampir sama dengan fungsi yang sebelumnya. Akan tetapi, di dalam fungsi ini cenderung lebih ditekankan sebagai persyaratan keselamatan pekerja industri. Apabila sirkulasi udara pada bangunan tersebut mempunyai kualitas yang baik, maka akan mempengaruhi hasil kerja dan juga proses produksi di dalam bangunan tersebut. Beberapa industri yang menggunakan sistem HVAC untuk menjamin keselamatan kerja yaitu pabrik obat-obatan, ruang penyimpanan, dan lain sebagainya.

Komponen Commercial HVAC Control Systems 

  1. Heating

Komponen heating yang ada di dalam sistem HVAC yaitu sistem yang dibuat untuk menghasilkan panas untuk bangunan. Umumnya sistem panas ini digunakan di daerah yang mempunyai iklim dingin.

  1. Ventilation

Ventilation adalah proses mengubah ataupun mengganti udara apapun yang ada di dalam ruangan supaya bisa mengontrol suhu dengan baik. Ventilasi akan melakukan pertukaran udara di dalam ruangan dengan udara yang ada di luar supaya kualitas udara tetap baik di dalam bangunan.

  1. Air Conditioner

Sistem yang satu ini menyediakan kontrol dalam menciptakan pendingin udara. Di dalam bangunan yang ber AC, umumnya tidak disediakan jendela terbuka, sebab akan berlawanan dengan sistem kerja AC. Apabila terjadi pertukaran udara, maka akan menyulitkan sistem kerja AC untuk bisa menghasilkan kondisi ruangan dengan udara sejuk.

Demikian penjelasan mengenai apa itu Komersial HVAC System Kontrol beserta fungsi dan komponen nya. Semoga bermanfaat.

× Ada yang bisa kami bantu ?