Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Suhu dan sirkulasi udara sebuah bangunan menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika merencanakan pembangunan. Terutama untuk bangunan publik seperti mall dan kantor maupun bangunan di sektor industri seperti pabrik. Sistem dan mesin untuk suhu pada bangunan lebih dikenal dengan istilah HVAC.

Kepanjangan dari HVAC adalah Heating Ventilation dan Air Conditioning. Fungsi utamanya ialah untuk saluran pemanasan, pendinginan, dan ventilasi udara. Mengingat sistem HVAC ini penting untuk kelancaran operasional sebuah bangunan, maka sebaiknya dalam proses perencanaan pembangun sudah mempertimbangkan dengan matang untuk sistem HVAC.
Untuk menghindari adanya kendala di depan, sebaiknya perusahaan maupun rumah menggunakan jasa HVAC yang sudah berpengalaman dan profesional. Nah, untuk memastikan bahwa kontraktor HVAC Jakarta yang Anda pilih dapat bekerja dengan baik, sebaiknya Anda mengetahui basic sistem HVAC seperti yang dijelaskan di bawah ini :

1. Heating

Sistem HVAC berfokus juga pada pemanasan atau heating. Sistem pemanasan biasanya diperlukan oleh ruangan industri yang membutuhkan suhu tinggi seperti industri poultry dan yang berhubungan dengan pengolahan bahan baku. Sistem heating pada HVAC terdiri dari furnace, boiler, radiator, heat pump, dan hydronic. Udara panas dialirkan dari boiler dengan bantuan heat pump ke radiator. Kemudian, panas akan dialirkan ke udara ruangan sehingga udara ruangan menjadi bersuhu tinggi yang akan memanaskan ruangan.

2. Ventilation

Sistem selanjutnya yang dibangun oleh kontraktor HVAC adalah sistem ventilasi atau ventilation. Fungsi dari sistem ventilasi ialah untuk mengeluarkan partikel kotor, menyeimbangkan tingkat kelembapan, dan menjaga udara ruangan tetap segar dengan adanya sirkulasi oksigen yang ideal. Jenis ventilasi yang biasanya digunakan di gedung industri adalah ventilasi mekanis. Jika Anda melihat kipas angin di gedung-gedung industri, itulah mesin yang berfungsi untuk sistem ventilasi di gedung.

3. Air Conditioning

Sistem HVAC yang paling umum untuk dipasang adalah air conditioning yang memanfaatkan mesin AC. Yang membedakan AC di gedung besar dengan AC rumahan ialah liquid chiller. AC pada gedung besar bekerja dengan menyerap panas dari udara yang tersikulasi di ruangan dengan heat exchange. Kemudian akan terjadi proses pendinginan bertingkat pada sistem AC atau air conditioning ini.
Karena udara yang bersirkulasi di gedung besar memiliki volume yang besar maka dibutuhkan liquid chiller agar proses pendinginan udara bisa berjalan efisien dan lebih hemat energi. Sehingga, dampaknya pun akan menghemat pengeluaran operasional untuk gedung-gedung kantoran maupun gedung publik.

Kontraktor HVAC Jakarta terpercaya

Revanindo merupakan spesialis Jasa Kontraktor HVAC di Jakarta, Bogor, Tangerang depok, Bekasi dan Area sekitarnya seperti Jawa Barat. kami melayani pekerjaan meliputi, Pemasangan HVAC, AHU, Chiller, AC dan pendingin lainnya untuk gedung atau Pabrik anda.

jangan ragu dan sungkan untuk segera menghubungi kami, dan pastikan ruangan anda terasa sejuk baik untuk pengunjung maupun karyawan-karyawan anda.

Itulah tiga sistem HVAC yang perlu Anda ketahui sebelum memilih kontraktor jasa HVAC. Tugas kontraktor HVAC ialah memastikan sistem HAVC terpasang dengan baik sehingga udara di dalam ruangan dapat memenuhi kebutuhan suhu dan kualitas udara ruangan tersebut.

× Ada yang bisa kami bantu ?