Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Pentingnya pemasangan AHU sebagai Pendingin ruangan adalah hal penting ada dalam suatu ruangan, dari suatu bangunan yang ada di negara tropis, Indonesia. Sistem pendinginan dalam suatu bangunan gedung perkantoran atau mall atau pabrik.

diatur dalam sustu ruang AHU (Air Handling Unit) atau HVAC (Heating, Ventilating and Air Conditioning). Berbeda dengan sistem pendingin ruangan di bangunan hunian rumah yang berupa AC split.

maka bangunan gedung perkantoran, atau mall atau pabrik akan lebih banyak menggunakan AC sentral, yang lalu mengatur agar udara bersih bisa dialirkan ke tiap ruangan. Berikut ini adalah tips cara Pemasangan AHU tersebut.

Apa itu AHU atau HVAC

AHU atau HVAC adalah suatu sistem dari unit penanganan udara, yang menangani perangkat yang dipergunakan untuk mengatur serta mengedarkan udara sebagai bagian dari sistem pemanas, dan ventilasi, serta AC (Air Condition).

Cakupan Fungsi AHU atau HVAC

Penangan sistem udara suatu bangunan meliputi suhu udara, kelembapan udara, dan arah pergerakan udara juga kualitas tingkat kebersihan dan kadar oksigen dari udara dalam ruangan yang ideal. Kondisi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan di tiap ruangan. Peralatan AHU atau HVAC biasanya terdiri dari kotak logam besar yang berisi blower, dan elemen pemanas ataupun pendingin, juga rak atau ruang filter, dan peredam suara, serta peredam.

Cara Pemasangan AHU

Ruang AHU merupakan suatu ruangan yang digunakan untuk mengendalikan segala hal yang terkait dengan kondisi udara pada suatu bangunan gedung atau gudang atau pabrik. Beberapa peralatan terkait perlu dirakit dan diinstall, ditempatkan sesuai fungsinya. Berikut basic tahapan Instalasi AHU.

Return Ducting

Pemasangan return ducting dimaksudkan sebagai jalur sirkulasi udara dari dalam suatu ruangan yang perlu didinginkan atau dipanaskan, dibuat ideal suhu dan kebersihan serta kelembapan, kualitasnya menuju ataupun masuk ke unit indoor AHU.

Supply fresh air

Bagian ini sifatnya opsional. Pada umumnya digunakan jika memerlukan suatu tekanan udara dalam ruangan yang bernilai positif terhadap tekanan udara yang ada di luar ruangan.

Prefilter

Fungsinya adalah untuk menyaring udara dari partikel kasar, yakni seperti debu dan lain sebagainya.

Medium Filter

Fungsinya adalah untuk meyaring udara dari partikel yang lebih halus, yakni seperti asap, dan debu halus, serta yang lainnya.

Koil Evaporator

Fungsinya sebagai koil pendingin yang akan menyerap panas dari dalam ruangan yang perlu didinginkan suhunya.

Blower

Fungsinya adalah untuk memutar sirkulasi udara yang didinginkan dari ducting return dan supply fresh air, lalu menghembuskannya menuju ke tiap ruangan yang hendak didinginkan melalui ducting suplai.

Hepa Filter

Komponen ini fungsinya adalah untuk menyaring udara dari berbagai bakteri dan virus, sehingga udara bisa menjadi lebih sehat, dan bersih serta steril.

Ducting Supply

Fungsinya sebagai ducting yang digunakan guna menyalurkan udara dingin menuju ke ruangan yang didinginkan.

Demikianlah tahapan dasar pemasangan AHU. Pihak kontraktor AHU akan secara profesional memasangnya secara efektif dan optimal.
Tag: Pemasangan AHU, Jasa Instalasi AHU, pemasangan HVAC

× Ada yang bisa kami bantu ?