Office +62 21 278 48 119 Marketing : +62 819 2889 2828 sales@revanindo.com

Sebagian besar dari Anda bisa jadi belum pernah mendengar tentang building HVAC controls sebelumnya. Tapi tidak perlu khawatir karena Kami akan membahasnya untuk Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Building HVAC Controls?

HVAC atau dibaca eich-fak dalam bahasa Inggris merupakan sebuah singkatan dari kata heating atau pemanasan, ventilation atau ventilasi dan air conditioning atau AC.

Sehingga bisa dikatakan kalau pengertian dari hal tersebut merupakan sebuah sistem yang mengatur tata udara di dalam sebuah bangunan. Sistem ini membantu perputaran udara yang masuk ke dalam ruangan atau gedung menjadi lebih segar.

Apa Fungsi dari system building tersebut?

Bisa dibilang kalau HVAC atau tata udara memiliki dua fungsi pada sebuah bangunan yaitu sebagai cooling dan juga sebagai heating. Kami akan berikan penjelasan tentang perbedaan keduanya sebagai berikut.

Fungsi Building HVAC Controls sebagai cooling merupakan sistem tata udara yang kerap dipakai pada tempat yang memiliki suhu tinggi atau panas. Kondisi temperatur yang seragam atau seimbang bisa tercipta berkat adanya proses pelepasan panas pada bangunan dengan cara yang efektif serta cepat.

Supaya panas dapat dilepaskan maka perlu ada refrigerasi dan juga air conditioning. Panas yang ada dalam bangunan bisa dihilangkan dengan beberapa proses seperti radiasi,konduksi atau konveksi.

Alat yang dipakai disebut refrigerant dan bisa memiliki wujud berupa bahan kimia, udara, air maupun es.

Sementara, fungsi dari system ini sebagai heating adalah sistem tata udara yang kebalikan dari cooling yaitu digunakan di tempat yang didominasi oleh dingin.

Dengan begitu,bangunan yang memakai sistem ini akan mendapatkan suhu panas yang dibutuhkan untuk merasa hangat. Proses pemanasan yang dilakukan heating atau mesin pemanas adalah dengan proses pengaliran panas dengan memakai proses yang sama seperti cooling yaitu radiasi, konduksi atau konveksi.

Apa Saja yang menjadi Bagian dari Building HVAC Controls?

Setelah mendapatkan informasi tentang apa itu building HVAC controls serta jenis-jenisnya, Anda perlu tahu apa saja yang menjadi bagian dari sistem tata udara ini.

Instalasi yang sering diterapkan di dalam sebuah bangunan adalah AC Central yang meliputi AHU, cooling tower serta chiller, piping, air duct serta elektrik kontrol.

Bagaimana Perawatannya?

Selanjutnya, Anda mungkin ingin tahu tentang proses maintenance atau perawatan dari building HVAC controls. Proses ini bisa dikatakan sangat penting karena bisa menjamin keberlangsungan dari sistem tata udara di bangunan yang memakainya.

Beberapa contoh  perawatan yang perlu dilakukan adalah analisis air,kontrol PH dan perawatan rutin pada cooling tower.

Itulah informasi tentang building HVAC controls yang bisa Kami bagikan untuk Anda, Anda pun bisa menambah wawasan dengan membaca informasi tentang commercial automation system.

× Ada yang bisa kami bantu ?