Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

aktivitas preventive maintenance AHU terdiri dari pengecekan dan penggantian berkala bagian dari peralatan air handling unit untuk mempertahankan kondisi operasional melalui inspeksi sistematis dan juga pengamatan untuk mendeteksi sekaligus memperbaiki pengaturan bawaan sebelum terjadi kerusakan yang lebih besar. Hal ini perlu dilakukan supaya air handling unit dapat berumur Panjang.

Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus melakukan preventive maintenance

Mencegah perbaikan dengan biaya besar

Alasan pertama kenapa harus melakukan perawatan AC berkala adalah untuk mencegah keluarnya biaya yang besar karena kerusakan yang parah. Terlebih lagi masalah biasanya akan memburuk dari waktu ke waktu, yang sebelumnya hanya membutuhkan perbaikan kecil lambat laut memerlukan perbaikan yang besar.

Bahkan kerusakan yang tidak terduga akan berpotensi untuk mengeluarkan biaya tambahan yang tidak sedikit, seperti membayar untuk komponen yang harus diganti atau mungkin teknisi yang bekerja lembur dan yang lainya. Ketika Anda sudah melakukan perawatan secara berkala, perbaikan besar dapat dihindari dan bisa menghemat pengeluaran.

Meningkatkan efisiensi

Maintenance AHU secara rutin dapat membantu mesin untuk berjalan secara efisien, ketika mesin AHU perlahan-lahan memburuk dan Anda tidak sadar jika kerja AC sudah menurun. Dengan perawatan berkala yang tepat kerusakan besar dapat dicegah.

Mengurangi downtime

Pemeliharaan biasanya memang membutuhkan downtime, akan tetapi dengan perawatan berkala akan mengurangi dan mengoptimalkan downtime, ketika masalah ditemukan.

teknisi tahu solusi terbaik yang harus dilakukan terhadap masalah tersebut sehingga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam mendeteksi masalah.

Memperpanjang umur mesin

Mengabaikan perawatan mesin dapat secara drastis mengurangi masa pakainya. Dengan pemeliharaan secara berkala hal ini bisa dihindari. Software yang dapat digunakan untuk membantu preventive maintenance AHU adalah CMMS. Perangkat lunak ini bisa membantu untuk merencanakan, melacak dan mengoptimalkan kegiatan pemeliharaan, perawatan yang rutin dan terjadwal akan mengoptimalkan kinerja AC.

Mengurangi pemakaian energi

Alasan melanjutkan kenapa Anda harus melakukan perawatan AC berkala adalah karena dengan melakukannya dapat menurunkan biaya listrik, hal ini karena biasanya mesin yang dirawat dengan baik hanya memerlukan sedikit daya listrik.

Panduan melakukan preventive maintenance AHU

Langkah-langkah dalam melakukan preventive maintenance secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Inspeksi yaitu kegiatan pemeliharaan secara berkala dengan memeriksa mesin, pemeliharaan ini dapat dilakukan dengan melihat atau menyentuh peralatan mesin nya.
  2. Running Maintenance, yaitu kegiatan pemeliharaan yang dilakukan tanpa menghentikan jalanya mesin.
  3. Small repair, sesuai namanya pemeliharaan ini berupa penggantian komponen-komponen kecil
  4. Shutdown maintenance, yaitu pemeliharaan yang dilakukan ketika mesin berhenti beroperasi

Demikian yang dapat kami jelaskan mengenai maintenance AHU serta panduan umumnya, tindakan ini penting dilakukan untuk mencegah kerusakan yang besar sehingga akan berpotensi mengeluarkan biaya yang besar pula.
Tags : Preventive Maintenance, AHU, AC, Panduan

× Ada yang bisa kami bantu ?