Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Fire hydrant system ialah mekanisme pemadam kebakaran yang terbagi dalam beberapa subsistem seperti sumber air, pompa, perpipaan dan elemen hydrant. Kebakaran sebagai satu peristiwa yang tidak tersangka dan tidak diharap karena bisa menyebabkan kerusakan.

Saat yang diperlukan api untuk menghancurkan juga termasuk singkat oleh karenanya, memerlukan mekanisme jaringan pemadam kebakaran supaya terorganisir secara baik dan percepat proses pemadaman. Fire hydrant system sebagai jalan keluar terbaik untuk mengatasi kebakaran yang terjadi. Pada artikel ini, akan diulas lebih detil berkenaan mekanisme jaringan pemadam kebakaran.

Fire hydrant system sendiri bisa dikelompokkan jadi tiga type yakni :

mekanisme hidran gedung

Mekanisme hidran gedung sebagai mekanisme pemdaman yang terpasang pada beberapa gedung oleh pemilik gedung. Mekanisme ini terdiri dari 3 kelas yakni, kelas I dengan selang kebakaran dengan diameter 2,5″ untuk pemadam yang terbiasa. Kelas II yakni selang kebakaran yang dipakai dengan diameter 1,5″ untuk dipakai oleh penghuni gedung yang belum terbiasa dan kelas III yang disebut kombinasi di antara kelas I dan II

mekanisme hidran halaman

Mekanisme hidran lapangan sebagai mekanisme pemadam kebakaran yang terpasang di luar gedung atau di halaman, biasanya ada hydrant pillar.

mekanisme hidran kota

Mekanisme hidran ke-3 ialah type kota yang secara eksklusif terpasang oleh pemerintahan kota dan disuplai dari PDAM. Fire hydrant system terbagi dalam pompa hidran yang berperan menyalurkan air dari tanki tempat penampungan ke arah nozzle. Pompa hidran biasanya ditempatkan di dalam ruang khusus yang disebutt dengan rumah pompa.

Tanki tempat penampungan pada mekanisme ini terdiri jadi tiga tipe yakni tanki bawah tanah, tanki bertekanan dan tanki gravitasi yang bekerja berazaskan style gravitasi, tanki berperan sebagai area untuk menyimpan air untuk selanjutnya disuplai oleh pompa hidran dan dialokasikan lewat jaringan pipa hidran ke arah titik hydrant pillar.

Instalasi tanki penyimpanan air sementara bawah tanah (ground tank) pada mekanisme fire hydrant dirancang dengan peranan khusus untuk menyuplai keperluan fire hydrant saat terjadi kebakaran. Air ini jangan dipakai untuk keperluan lain selainnya mematikan api. Biasanya, ground tank sudah direncanakan sama sesuai keperluan untuk mematikan api sementara saat sebelum mobil pemadam kebakaran tiba. Kemampuan tanki harus sesuai daya pompa, maknanya air pada tanki harus cukup penuhi keperluan sampai kontribusi dari dinas kebakaran tiba.

Pompa pada intinya bekerja karena ada listrik sebagai pendorong tetapi di saat terjadi kebakaran biasanya PLN akan mematikan jaringan listrik dengan argumen supaya kebakaran tidak menebar. Sama seperti yang sudah dijumpai jika listrik sebagai salah satunya pemicu berlangsungnya kebakaran. Lalu, bagaimana memasangasi pompa hidran supaya pompa bisa menyalurkan air saat pemadaman listrik?

jika anda membutuhkan Jasa Fire hydrant atau perlu informasi Harga Fire Hydrant anda bisa kontak kami melalui website ini.

Tipe Pompa Kebakaran Fire hydrant system

Jockey pump, pompa ini sebagai pompa umum dipakai untuk pemadam kebakaran karena pompa ini membagikan air hidran saat status standby oleh karenanya, air selalu ada pada jaringan

Electrical pump sebagai pompa yang berperan menyalurkan air pada mekanisme dengan kemmapuan pergerakan alir semakin besar dibanding dengan pompa awalnya. Pompa ini bekerja berdasar penekanan tertentu sesuai keperluan. Pompa ini bekerja saat keperluan debet air tinggi.

Diesel Pump, pompa ini bekerja memakai diesel sebagai bahan pendorong oleh karenanya, pompa tipe ini benar-benar bermanfaat saat PLN memdamkan listrik.

Hydrant Pilar adalah tipe perkakas tambahan yang dipakai dalam mekanisme pemadam kebakaran. Biasanya ada di luar (outdoor). Jika dalam ruangan, hydrant pillar diganti dengan hydrant valve. Hydrant pillar umumnya ditempatkan di beberapa tempat yang gampang kelihatan dan vital supaya gampang diketemukan saat terjadi kebakaran. Hydrant pillar berperan sebagai output atau keluaran air hidran yang disambungkan dengan selang dan nozzle untuk arahkan air ke sumber kebakaran.

Hydrant pillar dipisah jadi dua tipe yakni pillar one way yang cuma mempunyai satu ikatan selang dan pillar two way yang mempunyai dua ikatan keluaran air. Harga pillar one way tambah murah dibanding dnegan pillar two way.

Demikian ulasan singkat berkenaan Fire hydrant system. Bila anda memerlukan informasi harga fire hydrant dari jasa kami untuk Jasa fire hydrant anda bisa menghubungi kami melalui kontak yang tertera didalam website ini.

pastikan lokasi anda telah kami survey serta dapatkan harga fire hydrant termurahnya disini dengan Jasa Fire Hydrant Profesional.

× Ada yang bisa kami bantu ?