Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Sirkulasi udara memegang kunci penting dalam menciptakan kenyamanan sebuah hunian. Oleh sebab itu, hal ini wajib untuk diperhatikan. Anda bisa memasang sistem HVAC untuk menjaga kelembaban dan temperatur di dalam ruang supaya sirkulasi udara lebih sehat. Bagi Anda yang belum familier dengan apa itu HVAC, yuk belajar HVAC lewat artikel berikut ini.

Pengertian HVAC

HVAC adalah singkatan dari Heating Ventilation and Air Conditioning yang merupakan alat pengatur tata udara di dalam sebuah ruangan meliputi sistem pemanas, penggantian dan juga pendingin udara. Penggunaan sistem ini pada sebuah bangunan diharapkan mampu menciptakan sirkulasi udara yang optimal dan nyaman. Walaupun ketiga sistem yang ada di dalam HVAC memiliki tujuan yang sama, tapi salurannya dibuat secara terpisah.

Fungsi HVAC

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa HVAC terdiri atas tiga sistem yaitu pemanas, penggantian, dan pendingin, yuk belajar HVAC lebih jauh dengan menyimak ulasannya sebagai berikut.

1. Pemanas/ Heating

Perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan, termasuk pada sistem tata udara. Melalui HVAC, Anda bisa mendapatkan tiga manfaat sekaligus, salah satunya adalah heating atau pemanas. Cara kerja dari pemanas tersebut memanfaatkan tiga komponen utama yaitu boiler dan sirkulator. Setelah air dipanaskan, maka akan tercipta uap yang nantinya menyebar dari lokasi pusat. Dengan kata lain perpindahan panas terjadi secara sentral atau berpusat. Penggunaan komponen tersebut menjadi kemajuan yang sangat berarti karena orang zaman dulu memerlukan alat pompa berukuran besar untuk bisa menghasilkan panas.

2. Penggantian/ Ventilation

Sistem penggantian atau ventilasi merujuk pada proses pertukaran udara dalam sebuah ruangan yang berfungsi untuk mengendalikan suhu ruang, membuang asap, bau, panas, bakteri, kelembaban, debu, dan juga CO2. Dengan kata lain, pergantian sirkulasi udara tersebut bermanfaat bagi kesehatan karena membawa masuk udara yang kaya akan oksigen untuk menggantikan udara lama yang mengandung banyak zat atau partikel berbahaya. Ventilation bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara mekanik dan alami.

Metode mekanik dilakukan dengan bantuan alat yang berfungsi untuk mengganti udara lama secara paksa. Alat yang dipakai berupa kincir yang juga disebut dengan AHU atau Air Handling Unit. Selain mengganti udara lama, AHU juga berfungsi untuk menjaga kelembaban, serta mengusir bau dan bakteri berlebih. Lain halnya dengan metode alami, proses penggantian udara justru terjadi secara alami tanpa bantuan alat. Namun, metode ini memerlukan saluran yang digunakan sebagai penyalur udara dari luar untuk menggantikan udara lama yang ada di dalam. Penggantian udara secara alami ini bisa terjadi lewat jendela yang ada di sebuah bangunan.

3. Pendingin/ Air Conditioning

Sistem pendingin dapat Anda temukan pada perangkat elektronik yang disebut dengan AC. Cara kerja dari alat ini dengan melepaskan zat panas yang menghasilkan suhu udara yang sejuk dan dingin. Udara dingin yang muncul dari AC berasal dari tekanan kompresor udara yang ada di dalam refrigerator.
Pengertian dan fungsi HVAC menjadi rangkaian informasi dasar yang harus Anda pahami saat belajar HVAC. Semoga informasi di atas menambah pengetahuan Anda ya!

× Ada yang bisa kami bantu ?