Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Dalam dunia instalasi bangunan dikenal istilah HVAC yang merupakan singkatan dari Heating Ventilation and Air Conditioning. Hal ini merupakan sebuah sistem yang mengatur tentang tata udara di sebuah ruangan, rumah, atau gedung tertentu. Sistem yang dimaksud meliputi sistem pemanas dan pendingin yang bertujuan untuk menjaga kelembaban udara di suatu tempat. Lalu berapa harga pemasangan HVAC? Informasi selengkapnya bisa Anda simak sebagai berikut.

Berapa ?

Saat Anda memutuskan untuk mengaplikasikan HVAC, maka ada dua hal yang perlu dipersiapkan yaitu biaya pemasangan dan juga biaya perawatannya. besar kecilnya harga yang perlu dibayar tergantung dari standar dan kebijakan dari masing-masing penyedia layanan Heating Ventilation and Air Conditioning tersebut. Namun, untuk perawatan dan perbaikan sistem tata udara, tarif yang harus disiapkan biasanya tergantung pada beberapa aspek sebagai berikut.

1. Ukuran, Jenis, dan Masa Pakai Unit yang Dimiliki

Ukuran, jenis, dan lama masa pakai unit HVAC di dalam rumah menjadi penentu kisaran biaya yang harus Anda keluarkan. Untuk unit yang masih berusia seumur jagung mungkin tidak memerlukan biaya yang besar. Lain halnya dengan unit yang sudah digunakan selama bertahun-tahun. Biaya juga bisa semakin mahal apabila Anda perlu melakukan penggantian pada bagian-bagian tertentu. Untuk meminimalkan biaya, Anda bisa menjadwalkan perawatan rutin berkala sehingga unit akan selalu terkontrol dan tidak rentan rusak.

2. Status Garansi

Layanan HVAC umumnya menawarkan garansi selama jangka waktu tertentu. Garansi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menghemat biaya perawatan atau perbaikan apabila sistem HVAC memiliki kendala saat masih berada pada status garansi. Anda mungkin akan mendapatkan potongan harga sekian persen atau malah tidak perlu membayar ongkos perawatan sama sekali.

3. Perawatan atau Perbaikan

Besarnya biaya layanan HVAC yang harus Anda siapkan juga tergantung dari tindakan yang harus dikerjakan apakah hanya perawatan saja atau perbaikan yang memerlukan penggantian pada komponen-komponen tertentu. Untuk biaya perawatan umumnya tarifnya standar dan tidak terlalu membebani. Namun, Anda harus bersiap untuk membayar tarif yang lebih mahal apabila harus mengganti beberapa komponen yang rusak. Pemilihan bahan dan biaya tenaga kerja dalam hal ini juga mempengaruhi total biaya yang harus Anda bayar.

4. Jenis Layanan

Ada banyak jenis layanan HVAC yang ditawarkan oleh pihak penyedia. Tiap-tiap jenis layanan tentunya memiliki harga yang berbeda-beda. Jadi total biaya yang harus dibayar juga ditentukan oleh jenis layanan yang diambil. Jenis layanan tersebut umumnya meliputi, pemeriksaan saluran, pengecekan level zat pendingin, pembersihan debu, pelumasan, pengecekan sumbatan, uji termostat, dan lain-lain.

5. Lokasi Tempat Tinggal

Lokasi rumah Anda juga ikut menyumbang besar kecilnya tarif layanan yang harus dikeluarkan. Apalagi jika lokasinya terletak di luar area layanan umum, tentunya Anda harus membayar biaya tambahan.
Demikian informasi menarik terkait harga pemasangan HVAC yang bisa Anda simak. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda ya!

× Ada yang bisa kami bantu ?