Office +62 21 278 48 119 Marketing : +62 819 2889 2828 sales@revanindo.com

Fungsi BAS System

BAS system dikenal sebagai sistem pemrograman yang berfungsi mengontrol (controlling) dan memonitoring (monitoring) fasilitas yang terpasang pada suatu gedung. Sistem ini bisa terpasang pada sistem HVAC, penerangan, kelistrikan, keamanan, atau lainnya.

Selain untuk controlling dan monitoring sistem BAS yang diaplikasikan building automation companies juga memiliki fungsi sequencing. Fungsi sequencing inilah yang bisa Anda gunakan untuk mengoperasikan chiller secara otomatis. Singkatnya menggunakan sistem BAS Anda bisa mengoptimasi sistem utama gedung komersial yang dikelola sehingga membantu meminimalkan penggunaan energi sekaligus biaya yang harus dikeluarkan.

Manfaat Menggunakan Sistem BAS pada Gedung

Penggunaan sistem BAS bisa memberi manfaat secara menyeluruh pada pengelolaan gedung komersial. Adapun berikut beberapa manfaat atau keuntungan bila Anda menggunakan sistem BAS pada gedung yang dimiliki:

  • BAS System HVAC

BAS system memiliki peran penting dalam sistem HVAC. Yakni terkait manajemen energi karena pada sistem ini ada mesin pendingin misalnya chiller dan juga komponen yang lain. Sistem tersebut pada umumnya menyerap energi lebih dari 50% total energi yang digunakan gedung.

Sistem BAS pada chiller menjadi sequencing guna mengatur nyala chiller dan komponen yang lain dalam urutan tepat. Sehingga sistem dapat bekerja otomatis dan efisien. Untuk sistem HVAC sendiri terdapat banyak macam sensor seperti waterflow switch, pressure transmitter, temperature sensor, dan lainnya.

  • Sistem BAS Penerangan

Sistem BAS yang dipasang membantu mengontrol dan memonitoring sistem penerangan gedung. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mematikan dan menghidupkan sejumlah lampu yang terpasang lewat satu titik kontrol saja. Anda pun bisa mengatur jadwal operasi sistem penerangan sehingga membantu menghemat penggunaan energi terutama ketika ruangan dalam keadaan kosong.

  • BAS Sistem Kelistrikan

Sistem BAS yang diinstal pada bangunan Anda bermanfaat membantu memantau penggunaan listrik di setiap panel yang sudah terpasang modbus power meter. Tidak hanya itu, biasanya pada genset yang digunakan juga sudah dipasang sensor frequency transducer, current transducer, dan voltage transducer.

  • Sistem Keamanan

BAS yang terintegrasi dengan sistem keamanan dapat menerima data saat didapati adanya upaya penyelundupan. Misal sensor menerima adanya pergerakan membuka atau mengakses unit ruang sementara tidak didapati adanya data gesekan kartu masuk. BAS selanjutnya akan mengirim data ke sistem keamanan untuk selanjutnya dilakukan respons sesuai peraturan yang sudah dibuat sebelumnya.

  • Sistem Fan

Sistem ini berkaitan dengan sirkulasi udara di gedung. Sistem BAS berfungsi mengontrol intake dan juga exhaust fan yang terpasang pada gedung. Dengan demikian, sirkulasi udara di dalam setiap ruang bisa terjaga baik.

Demikian beberapa manfaat atau keuntungan pengaplikasian BAS system. Tentu manfaatnya lebih dari apa yang dijelaskan di atas. Hal ini mengingat sistem BAS sendiri bisa diintegrasikan mencakup semua sistem fasilitas yang disediakan di gedung tidak terkecuali meliputi mechanical system gedung komersial yang Anda kelola.

× Ada yang bisa kami bantu ?