Office +62 21 278 48 119 Marketing : +62 819 2889 2828 sales@revanindo.com

Mengenal BAS Mechanical System

Building Automation System atau BAS mechanical system merupakan sistem jaringan yang dirancang seperlu menghubungkan dan mengotomatisasi fungsi-fungsi tertentu dalam gedung. Semua sistem kontrol gedung mulai dari pencahayaan, HVAC, sistem keamanan, hingga sistem kebakaran gedung dihubungkan lewat satu set kontrol. Singkatnya bangunan dengan sistem BAS merupakan bangunan yang pintar dan cerdas.

Menariknya sistem ini tidak terbatas diterapkan hanya untuk satu gedung saja. Bila Anda mengelola properti komersial yang terdiri dari banyak gedung bangunan, semua bisa dikelola hanya lewat satu interface saja. Tentu saja kemudahan ini sangat membantu tim manajemen fasilitas dalam bekerja lebih cerdas, efisien, dan efektif.

Apakah Anda mengelola gedung di beberapa kota atau kampus besar dengan banyak gedung? BAS yang dikoneksikan ke internet bisa menghubungkan banyak gedung Anda untuk dikontrol secara terpusat.

Cara Kerja BAS

Bagaimana cara kerja BAS mechanical system? Berkaitan dengan cara kerja BAS, perangkat masukan dan keluaran terhubung dengan pengontrol interface pengguna. Semua komponen bekerja sama dalam mengumpulkan, memproses, dan menyesuaikan informasi. Setidaknya ada 5 komponen utama BAS diantaranya:

  1. Perangkat Input (Sensor)

Komponen ini berfungsi mengukur data bisa terkait kelembaban atau kadar karbondioksida di udara.

  1. Pengontrol

Komponen ini menjadi otak dari sistem yang berfungsi memutuskan respons yang harus diberikan akan data yang diterima.

  1. Perangkat Keluaran (Aktuator)

Merupakan komponen yang berfungsi menjalankan respons terprogram pengontrol.

  1. Protokol Komunikasi

Merupakan bahasa untuk bagian-bagian bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

  1. Antarmuka Pengguna (UI)

Merupakan layar dan dasbor untuk meninjau laporan data bangunan.

Meski melibatkan banyak komponen tapi cara kerjanya jauh lebih sederhana dari kedengarannya. Saat Anda ingin menyesuaikan pengaturan, interface akan memberi sinyal pada kontrol sistem individu melalui perangkat keluaran dan melakukan penyesuaian. BAS kemudian bisa ditautkan ke internat atau bisa dibuat terhubung hanya secara internal saja. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan gedung bangunan Anda.

Mengapa Anda Membutuhkan BAS?

Building automation companies memastikan penggunaan BAS akan membuat semua berlangsung lebih responsif. Contoh yang paling mudah yakni tentang panas gedung bangunan Anda. Misal Anda memutuskan untuk menjaga sugu bangunan berada di kisaran 24oC, maka saat perangkat menerima pembacaan suhu di bawahnya di suatu ruangan tertentu data akan berjalan lewat pengontrol. Selanjutnya akan dikirim sinyal pada perangkat keluaran bila suhu di ruangan tersebut perlu dinaikkan dan itulah yang akan terjadi.

Semua berlangsung sangat mudah dan simpel. Anda bisa menonton semuanya melalui tampilan interface pengguna. Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih tentang apa yang terjadi di bangunan Anda, maka Anda bisa meningkatkan pengaturan otomatisasi. Pada akhirnya BAS mechanical system tidak hanya memberi efektifitas dan efisiensi kerja tim manajemen tapi membantu menghemat anggaran gedung Anda yang harus dikeluarkan. Jadi apakah alasan ini belum cukup?

× Ada yang bisa kami bantu ?