Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Seperti yang diketahui jika gedung, perusahaan, maupun tempat komersial menggunakan jasa maintenance hvac untuk menciptakan fasilitas udara yang baik dengan temperatur tinggi. HVAC merupakan alat pengatur udara yang digunakan untuk mengubah temperatur rendah menjadi temperatur tinggi di tempat-tempat industri.
Selain memindahkan panas menjadi dingin. Heating, ventilation, and air conditioner ini memiliki berbagai fungsi lain dan sangat berguna bagi keselamatan kerja. Simak rangkuman berikut ini.

1. Heating

Sistem yang pertama biasanya digunakan di wilayah yang memiliki iklim dingin, yakni sepanjang musim lebih dominan dengan suhu dingin. Heating tersusun menjadi beberapa bagian penting, seperti blower, furnace, heat pump, hydronic, serta radiator.
Cara kerja alat ini, yakni furnace mengirim sumber panas ke media air atau hydronic di boiler, lalu hydronic tersebut akan bergerak dari tekanan heat pump dan menuju ke radiator. Tugasnya adalah memindahkan panas yang dikandungnya ke udara yang tersikulasi, maka udara tersebut berfungsi untuk memanaskan ruangan.

2. Ventilation

Selanjutnya ventilation, cara kerja sistem ini adalah menyaring udara di luar maupun dalam ruangan untuk membersihkan debu, bau yang tidak sedap, dan mengatur kelembapan udara. Selain itu, sistem ini juga dapat menghilangkan karbon dioksida, bakteri di udara, dan menyegarkan udara yang berada di dalam ruangan.
Ventilation biasanya banyak digunakan di perindustrian besar, seperti gedung-gedung bertingkat, yakni perusahaan, pabrik, maupun apartemen. Oleh karena itu, jika Anda pemilik sebuah gedung atau perusahaan dapat memanggil jasa maintenance hvac untuk melakukan pemeliharaan dengan berkala dan tepat.
Walaupun memiliki kesamaan dengan natural ventilation, namun alat ini biasanya hanya berupa jendela yang terbuka di suatu ruangan. Biasanya berada di rumah maupun toko kecil.

3. Air Conditioning

Berikutnya siapa sih yang tidak mengenal air conditioning atau (AC), alat ini berfungsi untuk mendinginkan ruangan. Biasanya banyak ditemui di perusahaan hingga penginapan. Untuk AC biasa digunakan di rumah, namun untuk gedung perkantoran hingga komersial lain menggunakan alat liquid chiller.
Jika Anda berfikir AC biasa dengan liquid chiller itu sama saja, tentunya kurang tepat. Lantaran liquid chiller dapat menyerap udara bervolume besar di dalam gedung, sehingga energi jauh lebih efisien menggunakan alat tersebut.

Syarat Standar Teknik Penggunaan HVAC :

  1. Standar farmasi/ food/ proses pengolahan produk pangan, diantaranya seperti famakope, CPOB, GMP, dan masih banyak lagi.
  2. Kemudian untuk standar perdagangan internasional, mulai dari BRC, TGA, MHRA, dan sebagainya.
  3. Standar ISO (ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001, ISO 22000, HACCP, dll)

    Untuk memelihara hvac tidak terlalu rumit jika Anda rutin melakukan perbaikan atau pemeriksaan secara berkala. Meskipun tampak sepele, namun jika ada kerusakan dapat menimbulkan masalah yang besar di sistem ventilasi dan saluran pendingin di bangunan. Oleh karena itu cobalah untuk mendatangkan jasa maintenance hvac agar dapat tercipta lingkungan yang nyaman di dalam kantor.

× Ada yang bisa kami bantu ?