Office +62 21 278 48 119 Marketing : +62 819 2889 2828 sales@revanindo.com

Saat ini di era yang semakin canggih teknologinya seorang pemilik gedung baik itu apartemen, perkantoran, maupun mall akan membutuhkan data yang dapat memberikan gambaran operasional tentang property mereka.

Hal tersebut bisa didapatkan dengan smart building control system. Manfaat dari hvac bms control system ini sangatlah banyak, salah satunya adalah memberikan kenyamanan bagi para penghuni bangunan. Namun sudahkan anda mengetahui tentang cara kerja dari HVAC Building Automation System ini ? yuk kita bahas lebih dalam dengan menyimak ulasan berikut.

Apa Itu Hvac Bms Control System ?

Sistem manajemen gedung atau yang dikenal dengan building automation, merupakan sebuah sistem kontrol berbasis komputer yang diaplikasikan pada sebuah gedung yang berfungsi untuk mengontrol juga memantau peralatan mekanik dan listrik dalam sebuah gedung seperti ventilasi, penerangan, sistem tenaga, sistem pengaman kebakaran, dan sistem keamanan lain.

Semua gedung dengan fasilitas elektrikal dan mekanikal memerlukan sistem ini untuk dapat merekam semua data fasilitas. Data tersebut nantinya akan disusun sedemikian rupa menjadi sebuah laporan mingguan maupun bulanan yang akan mempermudah manajemen gedung untuk mengambil keputusan berikutnya,

Berbagai perangkat mekanikal seperti pompa, lampu, dan HVAC juga dapat dimonitor dan dikendalikan langsung melalui Hvac Bms Control System.

Prinsip instalasi dari Hvac Bms Control System dalam sebuah gedung bertingkat secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut :

  1. Pada lantai basement terdapat pompa, chiller, hvac panel Ly yang terhubung ke Hvac Bms Control System dan Giant wall screen. Di Giant wall screen dapat dimonitor seluruh aktivitas energy di dalam gedung.
  2. HVAC Building Automation System dapat mengontrol dan memonitoring masing – masing lantai secara terpisah. Pada setiap lantai, sistem control meliputi energy monitoring, lighting control, hvac, cctv, lantai juga memiliki lokal display yang terpisah sebagai sarana lokal monitoring.
  3. Sistem kontrol dan monitoring pada setiap lantai terhubung dengan HVAC Building Automation System melalui jaringan Ethernet atau fiber optic gedung. Secara terpisah, sistem kontrol penerangan lampu terhubung ke Hvac Bms Control System melalui access point yang terdapat di setiap lantai.

Manfaat Smart Building Control System

HVAC Building Automation System memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mengurangi biaya operasional

Salah satu manfaat dari Building Automation System adalah dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis. Dengan menciptakan lingkungan yang dioptimalkan dengan baik, maka produktivitas staf dapat ditingkatkan dan biaya menjalankan serta memelihara gedung bisa dikurangi.

  1. Meningkatkan keamanan dan keselamatan gedung

Sistem keamanan gedung yang terintegrasi akan memastikan penghuni gedung tetap aman, serta struktur, sumber daya, dan aset anda dapat terlindungi dengan baik. Manfaat dari pengaplikasian building management system ini dalam kehidupan sehari – hari adalah sebagai berikut contohnya :

  • Mengontrol lalu lintas
  • Mendeteksi kebakaran dan asap
  • Mengurangi resiko tindakan kriminal
  1. Memberikan kenyamanan dan fleksibelitas

Sistem manajemen gedung dapat menghubungkan semua jaringan yang ada di dalam gedung  menjadi satu kesatuan sebuah sistem secara otomatis. Hal tersebut memungkinkan manajer untuk memantau dan menganalisis data serta mengakses dan mengontrol area mana pun dari struktur, dari satu lokasi terpusat atau di luar lokasi melalui teknologi cloud.

× Ada yang bisa kami bantu ?