Office +62 21 278 48 119 Marketing : +62 819 2889 2828 sales@revanindo.com

Automated HVAC Control System sudah banyak digunakan dalam bangunan atau rumah modern. Karena sistem ini lebih memudahkan tata udara di dalam sebuah ruangan. Walaupun penggunaanya semakin luas. Namun, tidak semua orang familiar dengan sistem ini.

Padahal, dengan sistem  building automation companies bisa memudahkan dan membuat tata udara dalam ruangan Anda menjadi lebih sehat dan terkendali. Karena itu, untuk informasi yang lebih lengkap. Berikut adalah pembahasan mengenai sistem satu ini.

Tentang HVAC pada Bangunan

HVAC merupakan singkatan dari kalimat Heating Ventilation and Air-Conditioning. Dari singkatannya saja, bisa dilihat bahwa istilah ini berkaitan dengan sistem tata udara yang ada di sebuah ruangan.

Lebih spesifik, HVAC mengacu pada sistem pengelolaan suhu dalam ruangan. Baik itu pemanas ruangan atau pendingin udara yang ada dalam suatu ruang maupun bangunan. Teknologi paling dasar dari HVAC adalah pengaturan sirkulasi dan ventilasi.

Seiring dengan berkembangnya zaman, sistem untuk menata HVAC ini semakin modern. Tidak hanya memanfaatkan sirkulasi dan ventilasi secara manual saja. Namun juga sistem yang terotomasi. Biasanya, sistem seperti ini memiliki tiga fungsi utama, sebagai berikut :

  • Pemanasan Udara.
  • Penggantian Udara.
  • Pendinginan Udara.

Saluran ketiga fungsi di atas memang berbeda. Namun, dalam sistem memiliki tujuan yang sama.

Bagian dari Automated HVAC Control System

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kepanjangan HVAC meliputi pemanasan, ventilasi, dan pendingin udara. Jadi, memang ada 3 bagian dari sistem otomasi yang mengatur mengenai tiga fungsi tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan yang lebih lengkap mengenai sistem yang ada dalam HVAC pada setiap bagiannya.

1. Pemanasan atau Bagian Heating

Bagian pertama dari sistem ini adalah heating atau pemanasan. Sesuai dengan namanya, pada dasarnya fungsi dari bagian ini adalah untuk menghasilkan panas. Alat yang digunakan memiliki bahan-bahan penghasil panas.

Alat berfungsi untuk menghasilkan panas dan kemudian memindahkannya dengan sistem terpusat.

2. Ventilasi Udara atau Bagian Ventilation

Bagian ventilasi ini untuk memenuhi fungsi penggantian udara di suatu ruang. Penggantian udara adalah bagian yang sangat penting. Karena untuk menghindarkan ruangan dari kelembaban, bakteri, debu, dan juga karbon dioksida yang ada di udara.

Karena, jika udara berdiam lama di satu tempat. Lama kelamaan akan kehilangan kadar oksigen dan malah mengandung unsur yang berbahaya.

3. Pendinginan Udara atau Bagian Air Conditioning

Sistem yang ada pada bagian ini pada dasarnya sama dengan bagian heating. Namun, memiliki fungsi yang berbeda. Jika bagian heating mengalirkan panas, maka Air Conditioning  menurunkan suhu agar lebih dingin dan lebih sejuk.

Semakin tinggi tekanan maka semakin dingin udara yang dihasilkan. Hal ini merupakan konsep dasarnya.

Itulah pembahasan mengenai Automated HVAC Control System. Sangat penting bagi Anda memahaminya terlebih dahulu sebelum penggunaan yang lebih lanjut.

× Ada yang bisa kami bantu ?