Office +62 21 278 48 119 Marketing : +62 819 2889 2828 sales@revanindo.com

BAS HVAC atau yang dikenal sebagai Building Automation System Heating Ventilation and Air-Conditioning. Merupakan bagian yang terbilang paling sulit dikelola dalam mendirikan sebuah bangunan atau merancang sebuah ruangan.

Teknologi pada bidang ini semakin meningkat dengan adanya sistem automasi. Banyak building automation companies yang menawarkan sistem otomasi untuk tata udara bangunan.

Anda mungkin belum mengenal sistem ini lebih jauh. Berikut adalah beberapa karakteristik tentang sistem otomasi tata udara satu ini.

1. Berhubungan Dengan Proses Pendinginan Udara

Sistem pendinginan udara adalah sistem yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan di Indonesia yang panas. Sesuai dengan namanya, sistem ini memiliki fungsi untuk mendinginkan gedung atau ruangan sesuai dengan sirkulasi yang ditentukan.

Sistem iniĀ  menggunakan prinsip kerja yang berfokus pada pendinginan. Dengan memanfaatkan tekanan agar udara semakin dingin.

2. Komponen yang Sangat Kompleks

Ada alasan mengapa orang awam kurang memahami mengenai BAS HVAC. Karena pada dasarnya, komponen sistem ini sangatlah kompleks dan tidak mudah untuk dipahami. Walaupun, penggunaannya cukup mudah, namun sistem di dalamnya sangat rumit.

Sistem BAS HVAC mudah ditemukan di setiap gedung. Namun, untuk sistem HVAC nya sendiri hanya digunakan pada saat khusus saja. Bahkan, hanya beberapa gedung khusus yang memilikinya.

3. Dapat Menyesuaikan Dengan Variabel Tertentu

Kelebihan dan karakteristik dari sistem ini adalah kemampuannya untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis variabel pada ruangan. Jadi, ketika diaplikasi dalam ruangan sistem bisa menyesuaikan dengan proses heating, partikel udara, dan berbagai aspek lain.

Hal ini membuat sistem semakin adaptif dengan kondisi ruangan. Jadi, bisa menjalankan sistem tata udara yang paling sesuai dengan kebutuhan tata udara.

4. Menghasilkan Udara Bersih Untuk Ruangan dan Bangunan

Udara bersih jelas adalah hal yang sangat diperlukan dalam suatu ruangan. Sistem otomasi ini memastikan bahwa kebutuhan udara bersih dalam suatu ruangan dan bangunan dapat dipenuhi.

Hal ini karena fungsi dari sistem yang memiliki peran ventilasi. Jadi, sistem memiliki kemampuan untuk mengganti udara yang ada di dalam ruangan.

5. Pengaturan Tekanan Udara dalam Ruangan

Tekanan udara di dalam ruangan juga merupakan bagian dari tanggung jawab sistem otomasi ini. Walaupun termasuk sistem operasi kecil, namun sangat berpengaruh pada keseluruhan proses tata udara dalam bangunan maupun ruangan.

Tekanan udara akan sangat berpengaruh pada sistem pendinginan, pemanasan, maupun pergantian udara di dalam ruangan. Karena itu, harus diatur juga dalam sistem yang terotomasi.

Itulah karakteristik dari BAS HVAC yang mungkin belum Anda diketahui secara luas. Mengenal lebih dalam sistem ini adalah hal yang cukup penting. Karena sistem satu ini semakin banyak digunakan.

× Ada yang bisa kami bantu ?