Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Chiller pendingin ruangan biasa kita temui di bangunan-bangunan besar. Walaupun kegunaannya sama, ternyata chiller memiliki jenis yang berbeda.
Chiller memiliki jenis yang berbeda dan fungsi yang berbeda pula. Yuk simak apa saja jenis-jenis mesin chiller yang sering ditemui ini.

• Absorbtion Chiller

Mesin chiller jenis ini yang menggunakan sistem absorpsi uap. Chiller ini biasa digunakan untuk mengatur suhu pada musim tertentu contohnya pendingin untuk musim panas.
Limbah yang dihasilkan oleh chiller ini juga tergolong rendah dan penggunaannya mudah dibandingkan jenis lain.

• Vapor Compression Chiller

Chiller jenis ini menggunakan sistem kompres uap dan biasa digunakan untuk fasilitas yang lebih besar pabrik. Keuntungan menggunakan chiller pendingin ruangan jenis kompresor ini adalah teknologi sudah modern dan bisa digunakan dengan energi mekanik.
Kemudian jenis kompresor ini pun memiliki 2 media berbeda dalam penggunaannya:
 Air Cooled Chiller
 Water Cooled Chiller
Cara Mewarat Chiller dengan Baik
Setelah mengetahui sedikit mengenai jenis chiller, baiknya kita juga mengetahui bagaimana merawat chilller agar mesin tidak mudah rusak dan penggunaannya tetap maksimal walaupun sudah lama digunakan.
Perlu diperhatikan bahwa, untuk mebersihkan dan merawat chiller tidak bisa sembarangan dan sudah ada aturan tersendiri. Saat menggunakan jasa teknisi pun ada baiknya untuk tahu apa saja yang diperlukan untuk merawatnya agar tidak mudah tertipu dengan kinerja yang tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan.

• Perawatan Chiller

Saat melakukan perawatan mesin AC chiller ini dibutuhkan kain lap, cairan pembersih, dan mesin kompresor udara.
Untuk perawatan Chiller luar cukup menggunakan kain lap yang diberi cairan pembersih untuk menghilangkan debu dan kotoran pada mesin.
Kemudian untuk alat filter udara, evaporator, kondensor, dan kompresor dapat dibersihkan setelah diberi cairan disinfektan serta pembersih.
Lalu bagian alat ukur, alat kontrol, dan aksesori diperiksa dan dirawat secara berkala. Jika ada kebocoran pipa, sebaiknya pipa langsung diganti.

• Perawatan dan Perbaikan Mesin Sesuai SOP

Untuk perawatan Chiller pada mesin, dapat membersihkan menggunakan vakum atau kompresor udara. Sebagai antisipasi sediakan double material dari mesin jika sewaktu-waktu mesin rusak dan butuh diganti.
Setelah dibersihkan dengan baik, lakukan installasi mesin chiller seperti sebelumnya serta tidak lupa mencek bagian-bagian yang sudah dibersihkan.

• Evaluasi Mesin Chiller

Evaluasi ulang mesin chiller dengan mencatat prose apa saja yang telah dilakukan pada saat perawatan mesin. Hal ini meminimalisir terjadinya kesalahan pemasangan atau kesalahan tahap perawatan Chiller yang bisa membuat mesin tidak optimal.
Jika ada kerusakan fatal, segera hubungi yang bertanggung jawab atau diskusikan dengan mekanik yang mengetahui cara kerja dari mesin chiller ini.
Berikut tadi adalah apa saja jenis- jenis chiller pendingin ruangan dan juga bagaimana cara untuk merawatnya dengan baik. Pastikan cek berkala mesin chiller agar tidak ada kerusakan fatal yang nantinya malah membuat mesin tidak dapat berfungsi lagi.
Tags: jenis chiller, chiller pendingin ruangan, chiller AC, mesin chiller

× Ada yang bisa kami bantu ?