Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Pengertian Chiller menurut kamus Oxford adalah mesin untuk mendinginkan, berupa kabinet pendingin untuk menyimpan sesuatu pada suhu beberapa derajat di atas titik beku. Fungsinya hampir sama dengan AC yang biasa ada di rumah, tapi mesin chiller memiliki ukuran yang jauh lebih besar.
Hal ini karena beberapa bangunan besar yang membutuhkan pendingin ruangan dengan kemampuan mendinginkan yang jauh lebih besar dari AC contohnya chiller pabrik, atau chiller pada mall.

Fungsi Chiller Pada Bidang Industri

Setiap pabrik dan bidang industri membutuhkan chiller untuk kelangsungan kegiatan di dalamnya. Tapi ternyata fungsi mesin chiller pabrik bukan hanya sebagai pendingin ruangan lho!

1. Cegah Kerusakan Pada Peralatan

Kegiatan di dalam pabrik tidak akan lepas dari penggunaan mesin-mesin dan alat berat lainnya. Penggunaan mesin dan alat-alat berat itu pun tidak sebentar digunakan. Semakin lama mesin pasti akan menjadi panas dan bisa menyebabkan overheating jika tidak ada pendingin.
Dengan adanya chiller, mesin dapat memindahkan suhu panas di dalam pabrik ke tempat lain dan dapat menjaga suhu pada ruangan. Hal ini juga membuat peralatan di dalam pabrik tidak mudah rusak karena suhu yang terlalu tinggi.

2. Memberi Rasa Nyaman Untuk Pekerja

Seperti di atas, chiller pabrik juga sangat berfungsi untuk kenyamanan para pekerja pabrik. Suhu yang terlalu panas pun bisa menyebabkan banyak kendala saat bekerja. Seperti serangan hawa panas yang bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa membahayakan bagi tubuh.

3. Sangat Baik Untuk Pabrik Makanan

Pabrik makanan biasanya memiliki standar sendiri untuk mesin-mesin yang digunakan, hal ini mengingat produksi yang dibuat haruslah steril dan bersih.
Selain itu, beberapa pabrik makanan juga membutuhkan kondisi dimana suhu berperan penting untuk proses pembuatan makanan atau menghindari makanan cepat rusak, seperti pabrik roti yang membutuhkan suhu hangat untuk ragi mengembang dan lainnya.
Oleh karena itu, pabrik makanan biasanya memiliki chiller khusus yang dapat membantu permasalahan ini.

4. Membantu Proses Plating Logam

Fungsi chiller Pendingin pada pabrik adalah dapat membantu proses plating logam. Pada saat proses plating logam, suhu bisa saja langsung naik secara drastis, dan untuk mendapatkan coating yang sempurna dan proses yang aman suhu tidak boleh dalam keadaan tidak stabil atau meningkat drastis.

5. Menjaga Bahan Plastik

Bahan plastik sangat sensitif pada suhu yang tinggi, oleh karena itu chiller sangat berfungsi untuk membantu menjaga material yang berbahan plastik agar tidak mudah rusak atau meleleh.
Fungsi-fungsi chiller pabrik tadi menambah wawasan mengenai mesin yang menjadi komponen penting pada sebuah industri. Perlu diinggat, chiller juga merupakan sebuah mesin yang harus tetap dirawata dan di perhatikan pemakaiannya. Lakukan servis jika dibutuhkan karena mengingat pentingnya peran chiller ini.

Tags: chiller pabrik, chiller pendingin, fungsi chiller.

× Ada yang bisa kami bantu ?