Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Pengertian Air handling unit atau yang sering disingkat AHU adalah perangkat yang digunakan untuk mengatur serta mengelola udara sebelum disalurkan ke gedung atau ruangan yang akan dikondisikan udaranya. AHU merupakan bagian dari sistem pemanas, ventilasi, dan AC.

Itulah tadi pengertian air handling unit yang sering dipakai di supermarket, hotel, serta bangunan yang lainnya. Contoh untuk hotel, air handling unit bisanya digunakan pada ruangan seperti lobby, ruang rapat, serta ballroom. Ini karena fungsi ruang-ruangan tersebut biasanya digunakan untuk menampung banyak orang sehingga memerlukan pengelolaan udara yang baik.

Spesialis Jasa Pemasangan AHU

Revanindo adalah sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang HVAC dan pendingin ruangan menyediakan Jasa Pemasangan AHU, Chiller, AC dan sebagainya.

Komponen Air Handling Unit

Air handling unit memiliki beberapa komponen yang membentuk sistem tata udara yang dapat mengontrol temperatur udara, pola aliran udara, tekanan udara, kelembaban udara, tingkat kebersihan udara, serta kualitas udara yang sesuai dengan standar. Hal ini dimaksudkan untuk dapat menghasilkan kualitas udara yang baik. Adapun komponen-komponen dari air handling unit adalah sebagai berikut :

1. Mixing air (saluran udara campuran)
Ruang mixing air adalah tempat diaman terjadinya pencampuran udara. Bisanya terjadi antara return air atau udara balik dari ruangan dengan fresh air atau udara segara dari luar ruangan. Udara ini akan dikondisikan oleh AHU.

2. Filter (Penyaring)
Filter berfungsi untuk menyaring udara sehingga udara yang diproduksi lebih bersih. Filter bertugas menyaring debu serta partikel asing yang tercampur di udara sebelum masuk ke ruang produksi.

3. Koil pendingin (Evaporator)
Koil pendingin berfungsi sebagai pengontrol temperatur suhu dan kelembaban udara yang diproduksi sebelum akhirnya disebar ke dalam ruangan.

4. Fan (blower)
Fan berfungsi menggerakkan udara di sepanjang sistem pendistribusian udara. Blower akan menghembuskan udara yang telah dikondisikan (oleh komponen-komponen sebelumnya) agar sampai pada ruangan yang ingin dikondisikan.

5. Isolator gerakan (Sambungan fleksibel)
Fan akan menimbulkan getaran yang akan menghasilkan suara yang bising, sehingga isolator gerakan dipasang untuk menghindari hal tersebut.

6. Saluran suplai
Saluran suplai merupakan saluran tertutup tempat mengalirnya udara. Saluran ini menghubungkan blower dengan seluruh ruangan yang dikondisikan.

Cara Kerja Air Handling Unit

Setelah mengetahui pengertian air handling unit, maka sekarang adalah penjelasan mengenai cara kerja air handling unit sederhananya adalah AHU akan menghisap udara dari ruangan yang kemudian dicampur dengan udara segar dari luar ruangan dan menjadikannya mixing air.
Hasil udara campuran ini kemudian disaring oleh filter sehingga bebas dari mikro organisme serta partikel kecil yang tidak diinginkan, sehingga menghasilkan udara yang segar dan bersih. Lalu udara akan melewati koil pendingin yang dapat menurunkan temperatur serta kelembaban udara tersebut. Kemudian udara akan dipompa oleh blower ke ruangan yang akan dituju.

Tags: Jasa Pemasangan AHU,  AHU, Air Handling Unit

× Ada yang bisa kami bantu ?