Office +62 21 39712288, Marketing 1 : +62 819 2889 2828, Marketing 2 : +62 811-9128-284 info@revanindo.com

Di masa yang modern ini, HVAC sangatlah penting perannya untuk berada di gedung perkantoran dan perindustrian. Apalagi dengan kondisi alam yang semakin hari membuat suhu semakin panas ini. Perawatan HVAC juga sangat perlu untuk dilakukan. Mengapa? Ketika HVAC hanya digunakan saja, tanpa adanya perawatan yang tepat, tentu saja tidak akan memiliki usia pemakaian yang panjang. Atau bisa saja kerjanya tidak berjalan dengan maksimal.

Lalu bagaimana sih cara Maintenance HVAC dengan tepat? Sebagai alat yang berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara dan menjadi pemanas atau pendingin ruangan, HVAC memerlukan perawatan khusus. Berikut ini ialah beberapa Maintenance HVAC yang bisa Anda lakukan untuk HVAC, simaklah!
Cara Mudah Merawat HVAC
Merawat HVAC tidaklah terlalu sulit, Anda bisa saja melakukannya secara mandiri. Tapi ingat, jadwal yang rutin sangat diperlukan untuk melakukannya. Sama halnya dengan merawat peralatan lainnya, merawat HVAC juga harus dilakukan dengan rutin. Agar tidak terlambat ditemukannya masalah pada komponen di dalam HVAC, dan peralatan ini pun dapat bekerja dengan maksimal untuk menjaga kenyamanan Anda di dalam gedung. Simaklah ulasan di bawah ini!

1. Selalu Perhatikan Condenser

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk perawatan HVAC ialah memperhatikan condenser. Komponen ini berfungsi untuk menggerakkan udara pendingin. Agar bisa menjaga aliran udara berjalan dengan lancar, Anda harus memeriksanya secara berkala. Selain itu, Anda juga harus rutin mengukur suhu dari temperatur air dalam pendingin.

2. Mengukur Tekanan Kompresor dengan Rutin

Selanjutnya, Anda bisa mengukur tekanan dari kompresor secara rutin. Hal ini sangat perlu, karena kompresor merupakan inti chiller atau jantung, ketika mengalami masalah, sudah pasti membuat HVAC tidak berfungsi sempurna. Kompresinya bisa Anda ukur menggunakan alat bernama pressure gauge. Dengan alat ini, tekanan oli sebagai pelumas dalam komponen kompresor bisa dilihat di sight glass yang memerlukan perhatian visual pula, agar tetap dalam standarnya.

3. Melakukan Pemeliharaan Metering Device

Metering device ialah salah satu komponen penting yang juga wajib dipelihara secara rutin. Ketika terjadi masalah pada komponen ini, aliran dari refrigerant sudah pasti akan terganggu. Ketika hal itu terjadi, maka Anda haruslah melakukan set ulang. Selain itu, masalah ini juga dapat membuat orifice pada metering device jadi tersumbat.

4. Lakukan Penggantian Filter

Filter dalam HVAC memiliki peran mengontrol jumlah partikel mikro organisme yang beracun dan berbahaya jika berada di udara dan masuk ke dalam gedung. Filter ini terdiri dari 3 jenis yang bisa Anda pilih, yaitu pre filter yang memiliki 35% efisiensi penyaringan, medium filter dengan 95% efisiensi, dan HEPA filter dengan 99,997% efisiensi.

5. Bekerja samalah dengan Jasa Perawatan HVAC

Untuk cara terakhir ialah melakukan kerja sama dengan jasa pekerja untuk melakukan perawatan pada HVAC yang ada di gedung Anda. Dengan melakukan kerja sama ini, Maintenance HVAC akan lebih maksimal dan memberikan Anda kepuasan serta keuntungan berlebih, seperti terjaganya kenyamanan bekerja dan lamanya usia pakai HVAC.

× Ada yang bisa kami bantu ?